My life is for my God (ALLAH)

KNOWING WHO OURSELF

OBEDIENCE

Kamis, 25 Maret 2010

Tips mencegah kepikunan by Nur Hasnah

Semakin bertambah usia manusia maka daya ingat manusia akan menurun dan kesehatanpun akan mulai di gerogoti bermacam penyakit, mulai dari kanker alias kantong kering bagi yang mengalami kendala keuangan, Osteoporosis, Diabetes, asam urat, stroke dan lain sebagainya. Daya ingat yang menurun akan menyebabkan manusia menuju ambang kepikunan alias lanjut usia sebelum waktunya.....

Ada beberapa cara atau tips untuk mengatasi kepikunan:

Memperbarui wudhuk. Biasakan berwudhuk kapanpun dan dimanapun berada itupun kalau kondisi memungkinkan. Minimal jika mau bepergian dan sebelum tidur.

Membaca Al Quran bagi kaum Muslim beserta artinya. dan kitab bagi penganutnya.

Menjadikan air putih sebagai air yang di sukai saking disukai bawa botol minum kemana saja. Mengkonsumsi air putih sering dilakukan Rasulullah beliau sering meminum air puti bangun tidur agar menghindari dehidrasi.

Senam otak. seperti diketahui banyak orang bahwa senam otak dapat meningkatkan semangat belajar dan etos kerja. Senam otak itu mudah di dapatkan dan dilakukan seperti menguap berenergi dan lakukan pijitan pada otot rahang anda ,gerakan menyilang dapat dilakukan dengan menggerakkan tangan dan kaki bersilang boleh depan belakang, samping kiri dan ke kanan. dan banyak lagi gerakannya.

Menghapal minimal satu kata dalam satu hari, nah anda akan hapal dan ingat 365 kata setahun, itukan lumayan. Akan tetapi jangan satu kata aja targetkanlah berapa, karena hidup punya target n begitu juga dengan hapalan.

Banyak membaca, dengan banyak mengkonsumsi bacaan(jangan banyak mengkonsumsi makanan) dari bacaan anda akan tahu banyak hal, dan tidak gampang dikibulin orang. Lahap aja semuanya jangan pilih-pilih bacaan. Ada contoh salah satu dosen Universti terkemuka di jakarta, kalau lagi marah dia akan mengeluarkan berbagai macam bahasa, mulai dari German. french, Eglish atc. Bayangakan kalau anda adalah salah satunya heboat boangat. Lain kali marahnya ganti ya! dengan bahasa cina atau bahasa lain.

Lakukan jalan kaki minimal 30 menit dalam sehari.
Jika melakukan suatu perjalanan kaki ambil arah yang berbeda pulang perginya, karena ada banyak hal yang ditemukan dan rutinitas itu membuat otak kita fresh. Hal itu dilakukan oleh Rasulullah sehabis pulang solat subuh, beliau akan mengambil jalan yang berbeda dari jalan waktu berangkat ke Mesjid.

Tidak merokok, karena nikotin yang terdapat pada rokok merusak jaringan saraf otak

lakukan aktifitas yang tidak biasa dilakukan, seperti mengganti fitur bahasa Hp ke bentuk bahasa yang susah untuk dipahami, misal ganti ke bahasa tagalog, cina atc.

Mendengarkan music Classic (Insrtuments)
Music dapat merangsang saraf-saraf anda yang sudah lama diam dan tidak dioperasikan.

Break fast

Tidak ada komentar: